Keunikan Komodo Sebagai Dinosaurus Terakhir di Dunia

komodoKomodo merupakan spesies kadal terbesar di dunia yang memiliki habitat hidup alami di pulau Komodo, Flores, Rinca, Gili Motang, Gili Dasami di Nusa Tenggara, Indonesia. Komodo memiliki panjang tubuh 2-3 meter dengan berat biasanya mencapai 70 kg. Panjang ekornya sama dengan panjang tubuhnya, memiliki 60 buah gigi tajam dengan panjang gigi masing masing sekitar 2,5 cm.

Tubuh komodo ditutupi oleh sisik sisik keras berwarna abu abu gelap sampai merah bata pada jantan dan berwarna kehijauan pada yang betina. Komodo jantan memiliki ukuran tubuh yang lebih besar dibandingkan dengan komodo betina. Komodo memiliki lidah panjang yang dapat dijulurkan dan bercabang berwarna kuning.



Air liur komodo biasanya bercampur dengan darah, hal tersebut karena gigi giginya dilapisi oleh gusi yang ikut tercabik pada waktu makan. Kondisi inilah yang membuat air liur komodo mengandung banyak bakteri yang sangat mematikan. Selain mengandung bakteri ternyata air liur komodo juga mengandung bisa untuk melumpuhkan mangsanya.

Satu hal lagi yang menarik adalah fenomena partenogenesis pada Komodo. Komodo betina dapat bereprodusi tanpa adanya komodo pejantan. Seperti pada film Jurasic Park, dinosaurus diciptakan dengan rekayasa genetika, semua dinosaurus tersebut berjenis kelamin betina semua, tapi ternyata mereka dapat bertelur dan melahirkan bayi dinosaurus.

Reproduksi normal komodo terjadi antara komodo jantan dan komodo betina, pada fase awal perkawinan, komodo betina selalu berontak dengan menggunakan gigi dan cakarnya, wah berarti pemerkosaan nih, he he. Selanjutnya komodo pejantan harus mampu mengendalikan betina pada saat perkawinan terjadi agar pejantan tidak terluka. Komodo betina dapat bertelur sekitar 20 butir telur, yang kemudian telur tersebut disimpan di dalam lubang tanah untuk dierami.

komodoWalaupun komodo memiliki tubuh yang besar dibandingkan dengan kakinya, komodo dapat berlari sampai 20 km/jam untuk mengejar mangsanya, jadi apabila kita berkunjung ke pulau komodo, kita harus berhati hati. Komodo memakan bangkai hewan, maupun hewan hasil buruannya, komodo ternyata dapat mendeteksi bangkai yang jaraknya sampai 9,5 km, wah hebat sekali bukan.

Komodo sebagai satwa langka yang diyakini sebagai dinosaurus terakhir di muka bumi ini ternyata merupakan satwa yang unik dan menarik. Marilah kita dukung Pulau Komodo sebagai salah satu "New Seven Wonders of Nature"!!

Referensi: wikipedia

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

14 comments

comments
r10
December 23, 2010 at 6:53 PM delete

komodo pernah dibikin film versi hollywood, tp ceritanya jelek banget :16:

coba dibikin seperti film godzila :13

Reply
avatar
December 25, 2010 at 7:01 PM delete

mudah-mudahan pulau komodo berhasil masuk dsalam tujuh keajaiban dunia

Reply
avatar
r10
January 8, 2011 at 8:30 AM delete

masih bingung sama cara komodo berproduksi :18:

Reply
avatar
January 27, 2011 at 1:21 PM delete

MUdah2an Komodo berhasil terpilih masuk 7 keajaiban dunia yang baru. Amin! :)

Reply
avatar
February 7, 2011 at 2:16 PM delete

Terima Kasih sudah berkunjung ke blog ku http://blog.umy.ac.id/lintasberita/
Link Blog mu sudah terpasang di Link Teman Blogroll saya.

Reply
avatar
February 8, 2011 at 6:55 AM delete

haduh,pulau komodo terancam g bisa masuk 7 keajaiban dunia

Reply
avatar
Anonymous
December 31, 2011 at 5:51 PM delete

saya baru tahu kalo komodo itu partenogenesis ! thanks yah atas infox

Reply
avatar
RoTBoLT
January 8, 2012 at 12:27 AM delete

kasih info donk tentang "kenapa komodo tidak mati dengan air liur yg banyak bakterinya?"

Makasih....

Reply
avatar
RoTBoLT
January 8, 2012 at 12:33 AM delete

kasih info donk tentang "kenapa komodo tidak mati dengan air liurnya sendiri yg banyak bakterinya?"

Makasih....

Reply
avatar
May 5, 2013 at 2:17 PM delete

Mnrt sy,komodo tdk scr spesifik sbg dinosaurs,mukin lbh dkt dgn lizard atw kadal,cma karena ukrn jumbo sama perangai karnivora lbh terasa dino.sifat dino protect anak2ny.sdgkn komodo kdg memangsa telurny dan bayi.mukin survive kmdo karena alamiah pembuahaan dari betina,menghadapi tyrex yg jauh lbh ganas,tdk usah memcabiknya tp cuma menggigit dikit lawan ,saliva kmdo yg berbakteri ganas akan cpt atw lmbt bunuh tyrex,wlpn sang komodo udah mati dulu,

Reply
avatar
June 10, 2014 at 5:00 PM delete

sudah sepantasnya pulau komodo menjadi salah satu keajaiban dunia. dan semoga warga pulau komodo dapat melestarikan pulau tersebut beserta isinya.

Reply
avatar

komentar disini